Anda juga ingin mendapat penghasilan dari kumpulblogger???? daftar segera di kumpulblogger.com

Kota Bontang

Bontang adalah sebuah kota kecil di Kalimantan Timur , Letak geografisnya 0.137° LU dan 117.5° BT. Di kota Bontang terdapat tiga perusahaan besar selain perusahaan perusahaan yang lain. Perusahaan PT.Badak NGL, PT.Pupuk Kaltim, dan PT Indominco Mandiri.

kota bontang berorientasi ke industri, perdagangan, dan jasa. Kota bontang juga dikenal dengan sebutan kota TAMAN yang artinya "Tertib, Agamais, Mandiri, Aman, dan Nyaman".
Di Kota Bontang sudah banyak terdpat kelurahan-kelurahan seperti kelurahan api-api, kelurahan guntung , kelurahan belimbing, kelurahan berbas pantai, kelurahan berbas tengah, kelurahan bontang baru, kelurahan gunung elai, kelurahan kanaan, kelurahan loktuan, kelurahan satimpo, kelurahan tanjung laut, kelurahan telihan, dan lainnya....

Di bontang juga ada klub sepak bola PS Bontang PKT, Marchingband PKT, juga masih banyak lagi. Juga terdapat sebuah perkampungan tua yang dikenal dengan sebutan guntung. Guntung dahulunya luas sekali dan ada terkenal beberapa tempat yang merupakan bagian dari guntung tersebut. lempake, paku aji,dan kanibungan. dahulunya kehidupan penduduk asli di sana hidup dari bercocok tanam. tempat - tempat tersebut adalah lahan perkebunan mereka. Mulai dari bertanam padi, Buah - buahan, serta mengambil air pohon aren (nira) untuk dibuat gula merah.

kini di Guntung Bontang utara sudah ada sebuah badan yang di sebut LEMBAGA ADAT KUTAI GUNTUNG CITRA yang menjadi pusat untuk mengelola kebudayaan seni daerah guntung terutama kutai guntung. dengan adanya Lembaga Adat Kutai Guntung Citra Ini dapat membantu melestarikan dan menjaga serta melindungi kekayaan seni budaya kutai guntung. Seperti erau pelas benua guntung misalnya.

Hingga hadirnya perusahan-perusahaan terutama Pupuk Kaltim ikut mewarnai berkembangnya guntung. penduduk asli guntung adalah beretnis kutai namum sekarang sudah banyak bercampur dengan etnis lain yang menjadi penghuni guntung seiring dengan berkembangnya guntung bontang utara.







No comments:

Post a Comment

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.